4 Cara Klasik Jaga Hubungan dengan Rekan Kerja

Sabtu, 05 September 2015 - 09:25 WIB
4 Cara Klasik Jaga Hubungan dengan Rekan Kerja
4 Cara Klasik Jaga Hubungan dengan Rekan Kerja
A A A
Hanya karena Anda cukup beruntung bisa bekerja dengan sistem jarak jauh, bukan berarti Anda mengucapkan selamat tinggal untuk kebiasaan profesional lama.

Mengapa? Karena ada banyak kebiasaan bisnis jadulyang ternyata dapat membantu hubungan baik Anda dengan banyak orang dan ini bisa membantu karier Anda menjadi lebih baik. Jadi, sebelum Anda selalu menggantungkan hidup pada hal yang berbau teknologi, ada baiknya Anda mencatat beberapa hal di bawah ini, dikutip dari laman The Muse.

Kirim catatan terima kasih

Jangan membuang kartu ucapan terima kasih dari meja kerja atau rak Anda. Kertas mungil ini dinilai sebagai cara terbaik untuk menjangkau rekan kerja, pewawancara, atau klien. Anda bisa mencoba memberikan kartu ucapan ini ketika Anda sudah selesai wawancara kerja. Atau ketika rapat atau bertemu dengan klien. Bisa juga Anda memberikan ke rekan kerja yang telah membantu Anda. Jangan lupa berikan juga ke atasan Anda. Sesuatu yang kecil dan manis menjadi pesan yang sulit dilupakan dari kartu ucapan terima kasih ini.

Cari tahu ulang tahun rekan atau klien kerja

Meski tidak selalu bekerja dalam satu ruangan, Anda tetap bisa memberikan perhatian paripurna untuk rekan, atasan, bahkan klien Anda. Misalkan saja saat ulang tahun tiba. Cara mudah yang bisa dilakukan adalah mencatat tanggal ulang tahun di kalender atau buku penting Anda. Setelah itu, mengantisipasi kelupaan akibat kesibukan kerja, Anda bisa mengirim kartu ucapan ulang tahun seminggu sebelum hari istimewa itu tiba. Jangan lupa, ucapkan dengan pilihan kata yang hangat dan bersifat pribadi.

Praktik etiket

Mungkin Anda pernah mendengar etika seperti jangan mengunyah dengan mulut penuh dan jangan meletakkan lengan Anda di meja. Bisa jadi ini tidak berlaku bagi sebagian orang, tapi ini menjadi titik awal kesopanan atau etiket yang dimiliki diri Anda. Contoh ketika Anda menerima telepon dari seseorang, alih-alih menjawab dengan kata “halo”, Anda bisa membalasnya dengan menyebutkan nama Anda.

“Hai ini adalah Erika”. Ini bisa digunakan untuk klien, rekan kerja atau atasan Anda. Kemudian ketika berbicara sambil bertatap muka, jangan lupa tersenyumlah dengan lebar dan tulus. Jika tak terbiasa, Anda bisa menggunakan jasa cermin yang ditempelkan di meja kerja Anda. Jadi, Anda bisa belajar tersenyum kapan pun.

Buat jadwal bertemu

Faktanya adalah seperti ini. Google Hangoutatau Skype, seberapa hebatnya, tak akan mampu menggantikan kekuatan pertemuan secara langsung. Oleh karena itu, jika Anda tinggal dekat dengan beberapa rekan kerja Anda, cobalah untuk bertemu untuk minum kopi dan membicarakan apa saja.

Atau ketika Anda sedang bepergian keluar kota, ternyata Anda memiliki waktu cukup luang. Coba hubungi rekan kerja, klien, atau mungkin atasan Anda. Barangkali mereka sedang berada tak jauh dari Anda. Semua ini akan baik untuk hubungan kerja dan pribadi Anda. Hasilnya? Anda akan melakukan pekerjaan yang luar biasa bersama-sama.

Susi susanti
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9880 seconds (0.1#10.140)